Monday, December 1, 2014

Simulasi Penyusunan SKP Dokter Gigi Ahli Pertama (III/b)

Halo pembaca terutama JFT Dokter Gigi yang pernah request simulasi penyusunan SKP Dokter Gigi (umum) PNS.

Susahkah menyusun SKPnya? 
Model Ilustrasi: drg. Agung Ary

Gak juga, pokoknya menyusun SKP bagi rekan-rekan JFT sangatlah simple dan sederhana sekali. Kenapa gitu? Iya, karena para JFT sudah ada panduannya yang aplikatif dan implementatif, yaitu tinggal mengutip butir-butir kegiatan yang tercantum dalam peraturan perundangan yang mengatur JFT itu (Kepmenpan atau Permenpan).

Berikut ini saya simulasikan, katakanlah ada seorang JFT Dokter Gigi PNS bernama drg. Anak Agung Ary Chandani (bukan nama sebenarnya sih) bekerja di RSU Daerah Manasaja, pada 1-10-2013 menerima SK Kenaikan Pangkat/jenjang Jabatan Dokter Gigi Ahli Pertama dengan golongan III/b dan PAK yang tercantum dalam SK sebesar kurang lebih 150 AK.

Untuk pengembangan karier berikutnya yang harus drg. Anak Agung Ary Chandani lakukan dalam persiapan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (kontrak kerja)nya adalah sebagai berikut:

1. Memetakan Kewenangan
  • drg. Anak Agung Arie Wulandari, memetakan kegiatan-kegiatan yang menjadi kewenangannya yaitu Dokter Gigi Ahli Pertama (III/b), yaitu pasal 7a Keputusan Menpan Nomor 141/Kep/M.Pan/11/2003
2. Menyusun strategi pengembangan karier/profesi
    • Pengembangan karier dalam rangka kenaikan pangkat/jenjang jabatan dapat dikelola setidaknya dengan cara merencanakan target, misalnya kapan drg Ary mau naik pangkat berikutnya? Katakanlah drg Ary merencanakan kenaikan pangkat berikutnya (III/c) pada 1 Oktober 2017, dan ia membutuhkan Angka Kredit (AK)  sebanyak 50. Inilah beban kerja drg Ary sebesar 50 poin AK untuk selama 4 tahun.
    • Strategi yang disusun berikutnya adalah beban kerja dibagi dalam berapa tahun ia harus dapat menggapainya sampai ke 1-10-2017? Berarti 50 : 4 = 12,50. Inilah beban kerja drg Ary sebagai Dokter Gigi Ahli Pertama III/b setiap tahunnya 12,5 AK.
    • Strategi berikutnya drg Ary memilih butir-butir kegiatan dalam Keputusan Menpan Nomor 141/Kep/M.Pan/11/2003, yakni pasal 7 huruf a, dan mengidentifikasi kegiatan-kegiatan untuk memenuhi kebutuhan AK dari Unsur Utama yang meliputi pendidikan/pelatihan, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Pengabdian pada Masyarakat, dan Pengembangan Profesi, serta kegiatan Penunjang.
    • Berikut hasil identifikasi drg Ary dan menyusunnya dalam formulir SKP seperti di bawah ini. 
      Simulasi SKP Dokter Gigi Ahli Pertama (III/b)
      Demikian, semoga bermanfaat.

      0 komentar:

      Post a Comment

      Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono