Thursday, September 26, 2013

Cara Penilaian SKP #1: Penilaian Capaian SKP Aspek Kuantitas dan Kualitas

credit: onyxideas.com

Setelah SKP disusun dan disetujui oleh kedua belah pihak antara Pejabat penilai dan pegawai yang dinilai sebagai suatu kontrak prestasi kerja, pejabat penilai melakukan penilaian dengan cara membandingkan realisasi dengan rencana target yang mencakup aspek kuantitas/output (TO), kualitas (TK), waktu (TW) dan/atau Biaya (TB).


Secara teknis, penilaian dapat dilakukan berdasarkan aspek-aspek yang tercantum dalam SKP:

PENILAIAN CAPAIAN SKP ASPEK KUANTITAS/OUTPUT DAN KUALITAS

  1. Penilaian Aspek Kuantitas/Output SKP; Penilaian capaian SKP diukur dari aspek kuantitas dilakukan dengan membandingkan antara Realisasi Output (RO) dengan Target Output (TO) dikalikan 100. Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi realisasi output dari target output yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik atau sebaliknya semakin rendah realisasi output dari target output yang direncanakan, menunjukkan tingkatprestasi kerja yang semakin buruk.

    Penilaian aspek kuantitas atau output digunakan rumus sederhana sebagai berikut:

    Rumus Penghitungan Nili SKP Aspek Kuantitas

  2. Penilaian Aspek Kualitas/Mutu SKPPenilaian capaian SKP diukur dari aspek kualitas dilakukan dengan membandingkan antara Realisasi Kualitas (RK) dengan Target Kualitas (TK) dikalikan 100. Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi realisasi kualitas dari target kualitas yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik, atau sebaliknya semakin rendah realisasi kualitas dari target kualitas yang direncanakan menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin buruk. Penghitungan capaian SKP berdasarkan aspek kualitas, dengan rumus:
Rumus penghitungan Nilai SKP Aspek Kualitas

         Untuk mengukur apakah output berkualitas atau tidak dengan menggunakan pedoman sebagai berikut :


(sumber: Perka BKN No 1 Tahun 2013)

Keyword pencarian:
Mungkin Anda juga berminat membaca artikel di bawah ini?

Jika pembaca kesulitan mencetak, Kunjungi versi blogspot: www.sasasarankerjapegawai.blogspot.com. Temukan dan klik tombol share78 photo share78_zps0f379521.jpg; pilih menu "Cetak".

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono