Thursday, November 6, 2014

Mengatasi Blog yang Digembok

Kali ini saya akan curhat, soalnya lagi galau. Pasalnya salah satu blog saya "lenyap" dari laman dashboard blogger.com. Onde mande.... salah satu blog juragan dodoll digembok?! Onde mande, onde mande...

So, apa komentar dan perasaan pembaca ketika membaca atau mendapati blog Anda digembok? Pasti jawabannya risau bin galau, kaan? 

Apalagi blog tersebut sudah terlanjur populer.

Penyebab Blog digembok
Blog bisa saja digembok bahkan dibanned oleh Google. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain:
  1. Melanggar ketentuan yang disyaratkan oleh Google
  2. Mengandung atau memuat malware atau perangkat perusak dalam tubuh blog. Artinya jika ada pengunjung yang membaca blog Anda, lalu mendownload isi atau konten blog milik Anda, menyalin isi blog ke komputer pengguna, dengan sendirinya komputer pengguna/pembaca tersebut riskan untuk rusak. Malware (Malicious Software) adalah suatu perangkat lunak atau kode-kode tertentu (baca: script) yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya malware itu adalah jenis program komputer, yang dibuat bertujuan merugikan orang lain. Malware dapat memanipulasi data, menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya bisa merugikan orang lain.
Cara Mengatasi Blog yang Digembok
Ini pengalaman pertama punya blog digembok (locked) oleh Google. Maka saya mencoba mengaksesnya dengan cara mengetikkan alamat blog di browser, lalu muncullah laman berwarna merah hati seperti di bawah ini.
Jika sudah dilakukan demikian, lakukan hal-hal berikut:
  1. Simak informasi yang ada di box merah tersebut dengan seksama, kira-kira penyebab utamanya apa? Blog saya yang digembok tersebut penyebabnya adalah malware. Jika demikian, ingat-ingatlah apa yang telah Anda lakukan beberapa hari/waktu belakangan sehingga blog Anda dikunci?
  2. Setelah mengingat-ingat, ternyata blog saya terkunci karena saya pernah memasang widget Daftar Isi, yang scriptnya saya comot dari sebuah blog dari blogger ternama di tanah air. Onde mande....
  3. Silahkan klik tombol Mengapa situs diblokir? Maka Anda akan mendapatkan laman baru berisi informasi dan saran dari Google, seperti gambar di sebelah kanan.
  4. Untuk menormalisasi kembali, ikuti saran Google. Normalkan blog yang digembok dengan membuka Alat Webmaster (Webmaster tools). 
  5. Ikuti petunjuk dan langkah berikutnya.
  6. Jika penyebab sudah tahu pasti (contoh diatas adalah widget Daftar Isi), maka langsung saja buka Lay Out (tata letak) hapus widget yang perlu dimusnahkan. Butuh waktu pemulihan sekitar 24 jam. Jadi Anda musti bersabar. Semoga berhasil.
Salam Juragan Dodoll.

4 comments:

  1. alhamdulilah blog ku tak pernah di gembok, tapi kalau di gembok sudah dapat cara mengatasi denagn informasi ini

    ReplyDelete
  2. blog saya begitu gan gimana ya sudah 2 hari

    ReplyDelete
  3. Tapi blog punyaku udah hampir 4 minggu blm di tampilkan juga walua sudah di pakei berbagai cara termasuk memangkas URL yang dianggap terdpat kode malware tersebut. Gimana ya pak cara efektifnya ? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti saja petunjuk Google Gan, biasanya script Site-map, Table of Content yg dicomot (copy-paste) dari situs lain. Butuh waktu setidaknya 3x24 jam

      Delete

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono