Thursday, November 28, 2013

Cara Penyusunan SKP Pejabat Struktural #2

Ulasan mengenai judul di atas sudah pernah ditulis pada blog saya: Catatan Go Blog dan blog Cara Menyusun SKP. 

courtesey of: ayiestmustofa.blogspot.com
Sebenarnya prinsip penyusunan SKP adalah memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur (measurable). Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus didasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugasnya yang secara umum telah ditetapkan dalam struktur organisasi dan tata kerja (SoTK).

Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus mengacu pada penetapan Kinerja/RKT, sebagai implementasi kebijakan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan dan harus berorientasi pada hasil secara nyata dan terukur. Dalam melaksanakan kegiatan tugas jabatan pada prinsipnya pekerjaan dibagi habis dari tingkat jabatan yang tertinggi sampai dengan tingkat jabatan yang terendah secara hierarki.

Contoh: Pada tahun 2014, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Hastinapura mempunyai rencana kegiatan sesuai Dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) Dinas PU Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Hastinapura, antara lain sebagai berikut:
1.Penyusunan Program / Rencana Kinerja (Renja SKPD), dengan target 1 dokumen
2.Pembangunan Jembatan target sebanyak 3 unit/dokumen, dengan nilai Rp 500.000.000,00,-
3.Pembangunan Box Culvert target 1 dokumen di Jalan Jamaluddin senilai Rp 450.000.000,-
4.Pembangunan jalan baru sepanjang 7 Km dengan nilai Rp 7.000.000.000,-
5.Memfasilitasi Perencanaan pembangunan gedung sekolah SMK dengan target 1 dokumen
6.Memfasilitasi Perencanaan Rehabilitasi Gedung DPRD dengan target 1 dokumen
7.Menyusun/menetapkan laporan akuntabilitas kinerja (LAKIP) Dinas PU Tahun 2014

Maka, dari butir-butir sebagaimana tertuang dalam RKT tersebut, SKP dapat disusun oleh setiap individu pejabat struktural sampai dengan level jabatan JFU yang saling berkaitan sebagai berikut: 

PENYUSUNAN SKP PEJABAT ESELON II / KEPALA DINAS PU DAN PERUMAHAN KABUPATEN HASTINAPURA

Sdr. Ir. R.P Muhammad Aziz, M.Eng (Pangkat/Gol.: Pembina Tk.I. Gol Ruang IV/b) dengan jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Hastinapura (Eselon II-B),  SKP yang disusun sesuai dengan Tugas Jabatan (dengan merujuk kepada RKT Dinas tersebut Tahun 2Ol4) sebagai berikut:

Contoh SKP Pejabat Eselon II | Kepala Dinas PU

Keterangan:
  • Sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan fungsi Kepala Dinas PU dengan merujuk pula ke Rencana Kerja Tahunan (baca: RKPD), maka tugas dan kegiatan Sdr. Ir. R.P. Muhammad Aziz, M.Eng selaku Kepala Dinas dinyatakan sebagaimana contoh SKP diatas.
  • Perhatikan kata kerja yang digunakan dalam uraian jabatan/kegiatan selaku Kepala Dinas, akan berbeda dengan SKP pejabat Eselon III di bawahnya.
  • Kuantitas/Output dalam SKP di atas bersifat relative, jika output berupa dokumen harus dinyatakan “dokumen”, jika output berupa fisik hasil pembangunan juga dinyatakan dalam bentuk fisik (misalnya 3 unit jembatan).
  • Unsur atau aspek biaya diselaraskan kepada Nilai pagu Anggaran yg tercantum pada DIPA/DPA.

PENYUSUNAN SKP PEJABAT ESELON III PADA DINAS PU DAN PERUMAHAN KABUPATEN HASTINAPURA

Sdri. Ir. Edelweiss, MT (Pangkat/Gol. Ruang Pembina, IV/a) jabatan Sekretaris Dinas (Eselon III-A), dalam hal ini menjabarkan SKP yang telah disusun oleh atasannya (Ir.R.P.Muhammad Aziz, M.Eng – Kepala Dinas PU), maka uraian jabatan/kegiatan dalam SKP Sdr. Ir. Edelweiss, MT menjadi sebagai berikut:
  1. Menyiapkan draft akhir SK Tim Penyusun Rencana Kinerja Tahunan RKT (RKPD) 2015
  2. Menyiapkan kebutuhan barang/jasa (surat menyurat/cetak, dll)
  3. Menyiapkan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa 2015
  4. Menyiapkan SK Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dll (Panitia Pemeriksa) 2014
  5. Menyiapkan Penyusunan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) / RKPD Dinas 2015
  6. Menyiapkan draft akhir SK Penetapan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) 2015
  7. Merumuskan Rancangan Akhir Rencana Kerja Sekretariat (DPA dan RKA) 2015
  8. Menyiapkan Draft akhir CALK (Catatan dan Analisa Laporan Keuangan) SKPD Th 2014
  9. Menyiapkan Draft akhir laporan Bulanan/Semesteran Pelaksanaan Anggaran SKPD 2014
  10. Menyiapkan Drfat akhir Laporan LPPD 2014
  11. Menyiapkan Draft akhir SK Tim Penyusun LAKIP 2014
  12. Memfinalisasi Naskah LAKIP 2014
SKP Ir. Edelweiss, MT selaku Pejabat Eselon III dengan jabatan Sekretaris Dinas PU yang telah disusun seperti di bawah ini:

Contoh SKP pejabat Eselon III-A | Sekretaris Dinas PU
Catatan:
Sdri. Ir. Edelweiss, MT (Pangkat/Gol. Ruang Pembina, IV/a) jabatan Sekretaris Dinas (Eselon III-A), dalam hal ini menjabarkan SKP yang telah disusun oleh atasannya (Ir.R.P.Muhammad Aziz, M.Eng – Kepala Dinas PU), yaitu uraian tugas No 1 dan No 7 pada SKP Sdr. Ir. R.P.Muhammad Aziz, M.Eng telah diterjemahkan/dijabarkan menjadi SKP Pejabat Struktural Eselon III-A oleh Ir. Edelweiss, MT di atas.  
*) Uraian Pekerjaan Nomor urut 3 dan 5 pada SKP Sdr. Ir Edelweiss tersebut dapat dihilangkan salah satunya, karena DPA dan RKA merupakan salah satu komponen RKT / RKPD

Demikianlah bagaimana penyusunan SKP secara hierarki pada pejabat struktural. Tulisan lanjutan akan diketengahkan bagaimana Pejabat Eselon III pada bidang teknis lainnya yang dicontohkan di Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Hastinapura. 

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono