Saturday, September 12, 2015

Anekaragam Uraian Tugas #5:Bendahara Barang

SKP.Links: Tugas dan fungsi atau Tusi penyimpan dan pengurus barang (biasa disebut Bendahara Barang) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menurut Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah adalah sebagai berikut :

Tugas Penyimpan Barang :

  1. Menerima, menyimpan dan menyalurkan barang milik daerah.
  2. Meneliti dan menghimpun dokumen pengadaan barang yang diterima.
  3. Meneliti jumlah dan kualitas barang yang diterima sesuai dengan dokumen pengadaan.
  4. Mencatat barang milik daerah yang diterima ke dalam buku/kartu barang.
  5. Mengamankan barang milik daerah yang ada dalam persediaan.
  6. Membuat laporan penerimaan, penyaluran dan stock/persediaan barang milik daerah kepada Kepala OPD

Tugas Pengurus Barang :

  1. Mencatat seluruh barang milik daerah yang berada di masing-masing OPD yang berasal dari APBD, maupun perolehan lain yang sah kedalam Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu Inventaris Ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI) dan Buku Induk Inventaris (BIl), sesuai kodefikasi dan penggolongan barang milik daerah.
  2. Melakukan pencatatan barang milik daerah yang dipelihara/diperbaiki kedalam kartu pemeliharaan.
  3. Menyiapkan Laporan Barang Pengguna Semesteran (LBPS) dan Laporan Barang Pengguna Tahunan (LBPT) serta Laporan Inventarisasi 5 (lima) tahunan yang berada di SKPD kepada pengelola.
  4. Menyiapkan usulan penghapusan barang milik daerah yang rusak atau tidak dipergunakan lagi.
Uraian tugas di atas dapat dijadikan sebagai masukan dalam penyusunan SKP Pengurus Barang/Bendahara Barang, sesuai keadaan pada tahun pengadaan. 

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono