Tuesday, August 25, 2015

Anekaragam Uraian Tugas #4: Kasubbag Kepegawaian

Subbagian Kepegawaian biasanya merupakan unit kerja eselon IV yang berada di bawah Bagian Tata Usaha atau Sekretariat atau Bagian Umum (Eselon III). Subbagian kepegawaian mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pengelolaan administrasi kepegawaian untuk internal organisasi. 

Dalam era sekarang, banyak ragam nomenklatur unit kerja eselon IV terutama yang
mengurusi kepegawaian, antara lain Subbag Umum dan Kepegawaian, Subbag Kepegawaian dan Keuangan, Subbag Tata Usaha. Jadi semua tergantung pertimbangan dan kebutuhan organisasi.

Untuk menjabarkan tugas pokok, subbagian kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut  :
  1. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan dan dokumentasi peraturan kepegawaian dan penyelesaian masalah kepegawaian
  2. Menyiapkan usul pemberian penghargaan, administrasi kesejahteraan pegawai, administrasi pemeriksaan kesehatan pejabat dan Calon Pegawai Negeri Sipil.
  3. Menyiapkan bahan, Petunjuk Teknis tentang penilaian kinerja, kebutuhan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, tugas dan izin belajar, ujian dinas.
  4. Menyiapkan urusan administrasi dan verifikasi jabatan fungsional.
  5. Menyiapkan Penyelesaian administrasi Kenaikan Pangkat.
  6. Mengelola administrasi pemindahan, pemberhentian, dan pensiun pegawai.
  7. Mengelola informasi dan tata naskah kepegawaian.
  8. Menyiapkan Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja , menyiapkan rencana  kebutuhan dan formasi pegawai negeri sipil, pegawai tidak tetap dan penugasan khusus serta evaluasi penempatan.
  9. Menyiapkan Usulan dan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil.
  10. Menyiapkan usulan Kartu Pegawai, Kartu Isteri/Suami PNS
  11. Menyiapkan administrasi Pelantikan dan Sumpah Jabatan
  12. Melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugasnya yang diberikan oleh pimpinan


0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono