Thursday, October 30, 2014

SKP Untuk Guru Kelas #4 (alternatif 2)

Menyambung pembahasan tulisan sebelumnya, kini masih saya simulasikan penyusunan SKP bagi Guru Kelas golongan II sebagai alternatif 2. Jika sebelumnya saya mensimulasikan sebagai Pak Rosihan Ahmad Siagian, nama saya ganti dengan Maman Abdurrahman, sebagai guru pada SD Negeri 3 di Kabupaten Kuningan. Mari kita simak simulasinya, sebagai berikut.

Simulasi bagimana Persiapan Penyusunan SKP Guru Golongan II

ilustrasi credit: eksposrakyat.net
Adalah Pak Maman Durahman, dengan NIP.196412252002021025, adalah guru SDN 3 Purwasari Kab. Kuningan. Yang bersangkutan adalah lulusan Diploma II mengajar sejak tahun 2002 dan saat ini pangkat yang bersangkutan adalah Pengatur, golongan ruang II/c dengan jabatan Guru.
Pada tahun ajaran 2014, selain mengajar sebagai guru kelas Pak Maman Durahman juga melaksanakan tugas lain yang relevan antara lain sebagai berikut:
  1. Menjadi pembimbing pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya
  2. Menjadi pengawas ujian sekolah;
  3. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler; dan
  4. Menjadi pengurus aktif organisasi profesi.
Dengan mempertimbangkan tugas dan fungsi guru SD sebagai Guru Kelas, maka tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yaitu menjadi wali kelas dan menjadi pembimbing pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya dapat pilih salah satu kegiatan untuk dimasukan dalam SKP. Angka kreditnya diperhitungkan sebesar 5% dari kegiatan pembelajaran.
Untuk kenaikan pangkatnya ke golongan ruang II/d, maka Pak Maman Durahman harus mengumpulkan 20 angka kredit selama 4 tahun atau 5 angka kredit dalam satu tahun. Jika Pak Maman Durahman diasumsikan memperoleh nilai PK Guru dengan sebutan “BAIK”, tugas lain yang relevan dapat dilaksanakan, maka Pak Maman Durahman merencanakan kegiatan PKB sebagai berikut:
  1. Mengikuti diklat fungsional sebanyak 30 jam;
  2. Mengikuti 3 kegiatan kolektif guru sebagai peserta pada kegiatan ilmiah; dan
  3. Membuat karya hasil terjemahan yang dinyatakan oleh kepala sekolah/madrasah.
Jika kegiatan PKB yang direncanakan juga diasumsikan terpenuhi semuanya, maka Pak Maman dapat menyusun/mengisi Formulir Sasaran Kerja PNS pada tahun 2014 adalah sebagai berikut:
Simulasi Penyusunan SKP Guru Kelas Golongan II
Ucapan terima kasih kepada Pak Temoe dari Pusbangtendik Kemdikbud atas sumbangsihnya.

Kata Kunci Keyword Input pencarian: 
Penyusunan SKP, Guru Kelas Golongan II, Jabatan Guru, Penilaian Kinerja Guru, Penilaian Prestasi Kerja Guru sesuai PP 46 tahun 2011, Cara nmenyusun SKP Guru, Menyusun SKP Guru kelas, Contoh SKP, Contoh SKP Jabatan Fungsional Tertentu, Khusus

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono