Thursday, October 2, 2014

Kamus Jabatan Fungsional Umum (Perka BKN No 3 Tahun 2013)

Mhn solusi.. sy sbg staf d slh satu UPTD P dan K.Sehari -hari sbgai operator pndtaan. Ktny dlm SKP tdk ad jbtn oprtor? Kira- kira ap nm jbtn yg sesuai dg jbtn sy skrg.


Diatas adalah kutipan seorang kerabat PNS di Jambi, yang berkonsultasi mengenai nomenklatur jabatan di Forum SKP ASN. Nomenklatur jabatan didapat setelah dilakukan analisis jabatan. Untuk kepentingan penyusunan SKP, maka tidak ada lagi PNS yang menyatakan dirinya sebagai "Pelaksana", "Staf" dan sejenisnya di kolom identitas kepegawaian. Setiap PNS harus memiliki nama jabatan. Saya pun setuju dengan pendapat/pencerahan dari anggota forum dengan pencerahan sebagai berikut.

Sebagai masukan, setelah terbitnya Perka BKN Nomor 3 Tahun 2013 pada tanggal 21 januari 2013 dan dilakukannya ANJAB dimasing-masing instansi Pemerintah tidak ada lagi Pegawai Negeri yang disebut dengan Staf hal tersebut diatas merupakan penguatan pada UU Nomor 43 tahun 1999 pada pasal 17 ayat 1 yang menyatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil diangkat dalam jabatan dan pangkat tertentu. dari kasus yang Saudara alami saya, berkesimpulan bahwa ditempat mas Husin pasti belum melaksanakan Anjab, karena didalam Perka BKN Nomor 3 Tahun 2013 tentang kamus Jabatan tersebut khususnya pada halaman 36 terdapat 44 jumlah nama jabatan untuk Jabatan Operator.
dan biasanya Analisis Jabatan dilakukan di Bagian Organisasi dibawah Kasubag Analisis dan Aparatur untuk didaerah. 
dari kasus yang Mas Saudara alami saya, berkesimpulan bahwa ditempat mas Husin pasti belum melaksanakan Anjab, karena didalam Perka BKN Nomor 3 Tahun 2013 tentang kamus Jabatan tersebut khususnya pada halaman 36 terdapat 44 jumlah nama jabatan untuk Jabatan Operator.dan biasanya Analisis Jabatan dilakukan di Bagian Organisasi dibawah Kasubag Analisis dan Aparatur untuk didaerah.
bagi pembaca yang memerlukan Perka BKN no 3 Tahun 2013, dapat mendownload melalui link di download.

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono