Saturday, January 18, 2014

Simulasi Penyusunan SKP: Menyusun eS-Ka-Pe Semudah Membuat Ice(d) Coffee


Menyusun eS-Ka-Pe itu semudah membuat atau senyaman menikmati Ice(d) Coffee, lhoo 

Hanya..., syaratnya adalah memahami apa yang kita kerjakan sehari-hari sesuai struktur organisasi, dimana kita bertugas. 

Tulisan ini adalah lanjutan dari "Cara Gampang Menyusun SKP Pejabat Struktural #4" [klik].

Jadi, bagaimanakah SKP Sdr. Sitti Yanuarsih, SH dan para Kasubbag-nya disusun? Mari silahkan simak slide berikut ini (dalam format PDF).



Dalam lembaran SKP, terlihat bahwa SKP Sdr. Siti Yanuarsih, SH menggunakan data aspek biaya, sementara para Kasubbag dan JFU tidak, karena sesuai wewenang dan tanggung jawab Kepala kantor selaku Pengguna Anggaran (PA) dalam hal pertanggungjawaban penggunaan dana/anggaran. Sehingga dalam kolom aspek biaya muncul angka yang menunjukkan besaran target biaya yang diperkirakan akan digunakan untuk pembiayaan kegiatan.

Dalam SKP para Kasubbag, sudah jelas SKP para Kasubbag menerjemahkan atau menjabarkan SKP Kepala Kantor (Sdr. Siti Yanuarsih, SH).

Demikianlah, secara sistematis, satu kegiatan/tugas jabatan dibagi habis dari Kepala Kantor sampai kepada Jabatan Fungsional Umum sesuai wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing dalam struktur organisasi dan Tata Kerja (SoTK).

JUMLAH URAIAN KEGIATAN/TUGAS JABATAN DALAM SKP

Berapakah jumlah ideal uraian kegiatan/tugas jabatan yang harus dinyatakan dalam formulir SKP? Tidak ada batasan dalam menyusun atau menyatakan uraian tugas jabatan dalam formulir SKP. Jadi tergantung pada tahun penyusunan/penilaian, jika dalam tahun tersebut dijumpai banyak kegiatan sebagaimana tertuang dalam Rencana Kinerja Tahunan (Renja Tahunan) atau Rencana Kinerja (Renja) SKPD, maka banyak juga kegiatan yang harus dituangkan dalam SKP.


Lokasi: Sungai Liat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Tulisan-tulisan di blog ini sangat mencerminkan betapa saya masih miskin akan pengetahuan, oleh karena itu masukan dan komentar pembaca merupakan penghormatan bagi saya untuk menulis artikel yang lebih baik lagi terutama dalam hal teknik maupun subtansi tulisan. Penghargaan dan pernyataan terima kasih saya sampaikan kepada pembaca yang telah berkunjung dan menyampaikan harapan-harapan maupun masukan kepada blog ini. Salam saya: Gus Priyono